Cara Mencegah Dan Menjaga EMMC Pada Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak

Selamat datang pembaca ...
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips atau cara untuk menjaga dan merawat emmc pada smartphone kita agar tetap awet dan tidak cepat rusak, bagaimana caranya ?

Kalian harus tau dulu apa itu EMMC ? EMMC adalah singkatan dari (Embedded Multi-Media Controller) merupakan sebuah media penyimpanan dengan kecepatan tinggi juga sebagai modul controller, dengan mendia penyimpanan dan media controller dalam satu chip.

EMMC (Embedded Multi-Media Controller) biasa digunakan sebagai komponen perangkat keras atau hardware pada sebuah smartphone saat ini, emmc sangat berperan penting pada sebuah smartphone sebagai media penyimpanan internal (Internal Storage).

Tidak sedikit orang yang mengalami kerusakan emmc pada smartphonenya, dengan kasus smartphone tiba-tiba mati total dan tidak bisa di hidupkan kembali, ada juga yang mengalami bootloop atau stuck pada logo saat melakukan booting dan tidak bisa masuk ke menu utama atau homescreen pada smartphonenya, tidak sedikit juga orang yang mau memperbaiki smartphonenya jika mengalami kerusakan pada bagian emmcnya karena harga emmc yang lumayan mahal, jadi banyak orang yang lebih memilih mengganti atau membeli smartphone baru dari pada memperbaiki emmc yang rusak karena harganya servicenya yang lumayan mahal.

Lalu bagaimana agar smartphone yang kita miliki terhindar dari kerusakan emmc ? Caranya gampang sekali simak penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Kerusakan EMMC Pada Smartphone

1. Pemakaian smartphone yang over atau berlebihan tanpa henti
2. Mencharge dan sambil memainkan smartphone
3. Memori internal penuh dan tidak ada sisa ruang pada penyimpanan internal
4. Melakukan moding custom rom pada smartphone

Tips Mencegah Kerusakan EMMC Pada Smartphone

1. Jangan sering menggunakan smartphone secara terus menerus tanpa mengistirahatkannya, karena itu bisa membuat mesin pada smartphone cepat panas dan bisa mengakibatkan rusaknya emmc pada smartphone.

2. Hindari menggunakan smartphone dalam keadaan smartphone sedang di charger, karena bisa menyebabkan smartphone menjadi lebih panas dan bisa membuat cepat rusaknya emmc pada smartphone.

3. Sisahkan ruang penyimpanan internal yang cukup pada smartphone kalian jangan sampai ruang pengisian internal smartphone terisi penuh baiknya menggunakan memori eksternal (SD Card) untuk mencegah penuhnya ruang penyimpan pada smartphone, ini adalah penyebab utama yg sering di abaikan kebanyakan orang pengguna smartphone dan menjadi faktor utama yang sering membuat rusaknya emmc pada smartphone kebanyakan.

4. Jangan sering-sering melakukan moding atau melakukan pergantian rom pada smartphone kalian (khususnya buat para opreker) karena ini juga adalah salah satu faktor yang sering terjadi dalam kasus rusaknya emmc pada smartphone yaitu karena terlalu sering melakukan flashing rom pada smartphonenya.

Itulah beberapa tips dari saya mengenai cara bagaimana menjaga dan merawat emmc pada smartphone agar tetap awet dan tidak cepat rusak, mudah-mudahan setelah kalian baca artikel ini kalian jadi bisa menjaga dan merawat smartphone kalian agar tetap awet dan terhindar dari kerusakan emmc :)

Sekian tips dari saya semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya, terimakasih sudah berkunjung sampai jumpa di tips selanjutnya :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel